*Selamat Datang Di Situs Resmi STIT Al Qur'an Al-Ittifaqiah Indralaya*
Home 20 Jurnal 20 Pendekatan Dalam Pengelolaan Kelas

Pendekatan Dalam Pengelolaan Kelas

Oleh: Dolla Sobari

(Dosen Tetap Fak. Adab dan Humaniora IAIN Raden Fatah)

Email : dollasobari@yahoo.com

Abstract: Teacher is classroom management skills in managing or creating and maintaining a classroom atmosphere and amenities that can be controlled in an optimal learning in both normal conditions and when there appear abstacles in the implementation of learning in the classroom management activities undertaken by teacher in order to creat optimal conditions can be either preventive or improvement action. As for the principles of classroom management that can be used include:

A warm, and enthusiastic, challenging, varied, enterprising, emphasis on positive things, the cultivation of self-dicipline.

In addressing the problems that arise in the management of both individual classes or groups, a teacher can choose several approaches such as power approach, approach to the threat, the approach of freedom, and so forth. Election is not a standardized approach and rigid, not all problems can be solved by mere approach for the clarity of thought and emotional stability have played a more active teachers in order to choose the appropriate approach.

Key Words: Pengelolaan Kelas, Pendekatan, Tindakan Preventif, Tindakan Korektif.

A. Pendahuluan

Pengelolaan kelas termasuk faktor penting yang membantu anak didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu guru dituntut untuk meningkatkan peran dan kompetensinya, guru yang kompeten akan lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan akan lebih mampu mengelola kelasnya sehingga hasil belajar siswa berada pada tingkat yang optimal. Pengelolaan kelas dipandang sebagai salah satu aspek penyelenggaraan sistem pembelajaran yang mendasar, di antaranya mengelola tingkah laku siswa dalam kelas, menciptakan iklim sosio emosional dan mengelola proses kelompok. Aktivitas pengelolaan yang dilakukan oleh guru dalam rangka menciptakan kondisi yang optimal agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dapat berupa tindakan pencegahan atau perbaikan.

Tindakan pecegahan dapat dilakukan dengan jalan menyediakan atau membangun kondisi baik fisik maupun kondisi sosio emosional yang dirasakan kenyamanan dan keamanannya oleh peserta didik sehingga mereka termotivasi untuk belajar. Setelah tindakan preventif dilakukan maka tindakan selanjutnya adalah tindakan korektif terhadap tingkah laku peserta didik yang menyimpang dan merusak kondisi optimal pembelajaran yang sedang berlangsung. Tindakan itu antara lain dapat berupa tindakan darurat dan tindakan strategis. Tindakan darurat adalah tindakan yang diambil untuk mengatasi perilaku yang tidak disiplin dan mengganggu pada saat pembelajaran demi tujuan jangka pendek. Sedangkan tindakan strategis adalah tindakan yang diambil untuk mengatasi perilaku peserta didik yang tidak disiplin dengan tujuan mengubah dan memperbaiki perilakunya.

Berdasarkan masalah-masalah yang bersipat individual dan kolektif yang sering kali terjadi dalam pengelolaan kelas, sebagai pekerja profesional, seorang guru harus mendalami kerangka acuan pendekatan-pendekatan kelas, sebab ia harus terlebih dahulu meyakini bahwa pendekatan yang dipilihnya untuk menangani suatu kasus pengelolaan kelas merupakan alternatif yang terbaik sesuai dengan hakekat masalahnya. Artinya seorang guru terlebih dahulu harus menetapkan bahwa penggunaan suatu pendekatan memang cocok dengan hakekat masalah yang ingin ditanggulangi. Ini tentu tidak dimaksudkan untuk mengatakan bahwa seorang guru akan berhasil baik setiap kali ia menangani kasus pengelolaan kelas. Sebaliknya, keprofesionalan cara kerja seorang guru adalah demikian sehingga apabila alternatif tindakannya yang pertama tidak memberikan hasil sebagaimana yang diharapkan, maka ia masih mampu melakukan analisis ulang terhadap situasi untuk kemudian tiba pada alternatif pendekatan yang kedua, dan seterusnya.

Download PDF

Unduh jurnal selengkapnya dalam format *.pdf: PENDEKATAN DALAM PENGELOLAAN KELAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Scroll To Top