*Selamat Datang Di Situs Resmi STIT Al Qur'an Al-Ittifaqiah Indralaya*
Home 50 Pendidikan Agama Islam (PAI)

Pendidikan Agama Islam (PAI)

Pendidikan Agama Islam (PAI)

TERAKREDITASI “B” SK. BAN-PT

Nomor : 483/SK/Akred/S/XII/2014 Tanggal 29 Desember 2014

Program studi S.1 Pendidikan Agama Islam menyiapkan calon tenaga kependidikan Islam profesional sebagai guru agama/ sekolah, sebagai supervisor pendidikan maupun konsultan pendidikan. Untuk dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi handal, para pengajar pengampu mata kuliah pada Program studi S.1 Pendidikan Agama Islam terdiri para ahli di bidangnya, dengan pengalaman yang cukup memadai baik dalam negeri mapun luar negeri, serta berpendidikan mulai dari S.2 hingga S.3

Agar terbentuk sarjana pendidikan yang memiliki kompetensi tinggi, para mahasiswa Program studi S.1 Pendidikan Agama Islam tidak hanya dibekali dengan teori-teori kependidikan Islam, melainkan ditradisikan juga dengan praktikum yang sangat memadai. Praktikum yang diselenggarakan oleh Prodi S.1 Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah antara lain: PPL Praktek Mengajar, KKL dan KKN Ketarbiyahan dan dan Sistem Informatika dan Komputer.

Visi, Misi, dan Tujuan Prodi PAI

Visi

Visi Prodi PAI di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah al-Qur’an al-Ittifaqiah (STITQI) adalah; menjadikan Prodi di STITQI sebagai lembaga pusat pendidikan terdepan di lingkungan perguruan tinggi Islam dalam menyiapkan tenaga pendidik agama Islam dan pengelola satuan pendidikan keagamaan Islam yang sesuai dengan tuntunan dan kebutuhan masyarakat lokal, regional, nasional, dan internasional dengan memiliki kekokohan aqidah tauhidiyah dan kedalaman spiritual Islamiyah, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan professional

Misi

a. Menyelenggarakan pendidikan yang unggul dirancang untuk menghasilkan lulusan yang siap menjadi pendidik agama Islam di sekolah atau madrasah dan jenis pendidikan agama Islam, serta menjadi pengelola satuan pendidikan Keagamaan Islam.
b. Mempersiapkan lulusan yang berkualitas, memiliki kekokohan aqidah dan kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan professional dalam menjalankan tugas-tugas keguruan.
c. Mengembangkan paradigm baru manajemen pendidikan dan menciptakan iklim akademik religious dalam pengelolaan pendidikan dan pengembangan kompetensi sebagai pendidik agama Islam.
d. Mengembangkan penelitian yang dapat melahirkan dan mengembangkan teori-teori pendidikan Islam baik pada jalur pendidikan formal, non formal dan informal.
e. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang lebih bersifat proaktif dan antisipatif dalam menghadapi dan permasalahan pendidikan Islam yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.
f. Mengembangkan jaringan kerjasama atau kemitraan dengan perguruan tinggi di dalam dan di luar negeri.
g. Mengembangkan dan menjaga nilai, etika professional dan moral akademis untuk pengendalian mutu Prodi PAI

Tujuan

a. Menghasilkan alumnus berkonsentrasi pendidikan agama Islam yang memiliki pengetahuan, sikap, keterampilan dan nilai yang diperlukan untuk menjadi pendidik agama Islam serta pembimbing dan penggerak kegiatan keagamaan Islam di sekolah atau madrasah.
b. Menyelenggarakan aktivitas pendidikan bidang keilmuan dan keguruan Islam dengan kajian tambahan penguasaan terhadap studi pembelajaran al-Qur’an dengan berbagai aspek disiplin keilmuan yang tertuang dalam displin studi-studi ilmu al-Qur’an.
c. Menyiapkan tenaga pendidik professional yang memiliki kemampuan penelitian untuk mengembangkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berbasis nilai-nilai al-Qur’an.
d. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan tambahan dalam membentuk, mengelola dan mengorganisir, merencanakan dan melaksanakan program pendidikan, melakukan supervisi, monitoring dan evaluasi program dan mengembangan inovasi-inovasi program satuan pendidikan keagamaan Islam.

Comments are closed.

Scroll To Top
No announcement available or all announcement expired.