*Selamat Datang Di Situs Resmi STIT Al Qur'an Al-Ittifaqiah Indralaya*
Home 50 Opini 50 Pendidikan dan Prestasi Siswa

Pendidikan dan Prestasi Siswa

Ahmad Musa, S.Pd.I.*

Pendidikan secara teoritis mempunyai definisi yang beraneka ragam sesuai dengan persfektif masing-masing tokoh yang mengemukakan pendapat tersebut. Seratus tahun yang lalu, gambaran pendidikan dalam pikiran seorang insan muslim sama dengan gambaran para ahli pendidikan barat dengan penambahan ciri keislamannya.

Defenisi pendidikan dalam persfektif tokoh pendidikan Ki Hajar Dewantara yang mendefenisikan pendidikan sebagai menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagian yang setinggi-tingginya.

Para tokoh pendidikan pada umumnya mempunyai pandangan yang sama dalam mendefenisikan pendidikan sebagai suatu proses. Proses yang bertujuan untuk menciptakan keterampilan dan mengembangkan potensi yang ada dalam diri setiap individu, agar dapat menjalankan kehidupan dengan baik dan dapat bersaing di tengah kompetisi hidup yang semakin ketat.

Pendidikan mempunyai peranan penting tidak hanya dalam perkembangan dan perwujudan individu, melainkan juga bagi perkembangan bangsa dan negara. Kemajuan suatu bangsa tergantung dari bagaimana bangsa tersebut mengenal, menghargai, memanfaatkan sumber daya manusianya. Hal ini erat kaitannya dengan kualitas pendidikan yang diberikan negara kepada masyarakatnya.

Dalam dunia pendidikan sekolah merupakan salah satu sarana tempat berlangsungnya proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar atau proses pengajaran merupakan suatu kegiatan yang melaksanakan kurikulum suatu lembaga pendidikan agar dapat mempengaruhi para siswa mencapai tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan pada dasarnya mengantarkan siswa menuju perubahan-perubahan, baik intelektual, moral maupun sosial agar dapat hidup mandiri sebagai individu dan makhluk sosial.

Sebagai suatu proses, pendidikan tentunya tidak dapat dilakukan dengan cara instan atau praktis, karena banyak unsur yang harus dirubah dalam proses tersebut. Mulai dari tingkah laku, pengetahuan, sikap dan keterampilan. Sehingga tujuan yang optimal terkadang sedikit mengalami kendala, jika pelaku dari proses pendidikan tersebut tidak dapat berinteraksi dengan baik dan harmonis.

Hubungan guru dengan siswa dalam proses belajar mengajar merupakan faktor yang sangat menentukan, bagaimanapun baiknya bahan pelajaran yang diberikan, sempurnanya metode yang digunakan, namun apabila hubungan guru dengan siswa masih kurang harmonis, maka akan sulit untuk mencapai target -tujuan- yang telah ditetapkan dari suatu proses pendidikan tersebut.

Dari definisi pendidikan ini, secara implisit memberikan gambaran bahwa dalam proses pelaksanaan pendidikan bagi anak didik atau seorang individu lebih bersifat membantu dalam mengembangkan kedewasaannya dalam segala hal. Sehingga pendidikan merupakan usaha atau suatu proses yang dilakukan oleh orang dewasa dalam pembentukan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual sebagai kodrat yang ada pada setiap anak baik secara langsung maupun tidak langsung untuk mencapai kedewasaannya, agar mereka mendapatkan kebahagian yang sejati di dunia dan akhirat.

Sebagai bentuk hasil penilaian dari suatu proses pendidikan, kata prestasi merupakan salah satu indikator dari keberhasilan proses belajar mengajar yang dilakukan, karena prestasi merupakan manifestasi dari perubahan yang diharapkan dari suatu pendidikan. Kata prestasi belajar merupakan gabungan dari prestasi dan belajar. Menurut Slameto: “belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan untuk memperoleh suatu perubahan dalam tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya”.

Prestasi belajar mengandung pengertian, bahwa siswa telah dapat menguasai sebagian kecil informasi yang telah
diajarkan oleh guru melalui proses kegiatan pembelajaran. Di antara indikator-indikator prestasi tersebut bisa berupa angka-angka yang tinggi, juga bisa berupa kepintaran atu kecerdasan dalam suatu bidang tertentu.

Jadi prestasi merupakan suatu hasil yang dicapai oleh setiap siswa setelah mereka menerima pelajaran dari gurunya. Prestasi adalah akibat yang dilandasi oleh sebab sebelumnya. Hal ini tentunya perlu disadari bahwa hukum kekekalan -kausalitas- berpranan penting dalam menentukan prestasi para siswa. Prestasi belajar bukanlah keadaaan yang datang dengan mudah dan instan, tetapi ia ditentukan oleh berbagai faktor yang sangat esensial yang terdapat dalam proses belajar mengajar itu sendiri.

Berbagai faktor mempengaruhi tinggi rendahnya prestasi para siswa, namun secara umum dapat digolongkan menjadi dua, yaitu: faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah faktor yang ada dalam individu yang menyangkut segi psikologis diantaranya: motivasi, minat, bakat, intelegensi. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang ada di luar individu diantaranya: keluarga, sekolah dan masyarakat.

Motivasi belajar merupakan salah satu faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Motivasi juga merupakan dorongan terhadap siswa khususnya motivasi yang diberikan guru kepada anak didik akan pendidikan agama Islam.

*Alumni STITQI 2012

4 comments

  1. I am just commenting to make you know what a amazing encounter my friend’s girl went through studying your webblog. She picked up plenty of pieces, most notably what it’s like to possess a wonderful teaching nature to make certain people easily thoroughly grasp a number of complex topics. You really exceeded visitors’ expectations. Thanks for offering the practical, healthy, revealing not to mention fun tips about this topic to Gloria.

  2. I intended to send you that very little note to be able to thank you the moment again for your personal beautiful pointers you’ve shown in this article. This is simply seriously open-handed of people like you in giving without restraint all numerous people would’ve offered for an e-book to end up making some money for their own end, chiefly considering that you might have tried it if you decided. The guidelines also worked to become fantastic way to know that many people have the same dream really like mine to see many more with regards to this matter. I am sure there are millions of more pleasurable instances up front for individuals that scan through your website.

  3. Thanks for your whole effort on this blog. Debby loves managing internet research and it is simple to grasp why. I learn all about the lively manner you make worthwhile information by means of this web site and as well cause response from other ones on that idea so our own simple princess is without question discovering a lot. Enjoy the remaining portion of the new year. You’re performing a fabulous job.

  4. I enjoy you because of your own hard work on this web page. Kate really likes participating in research and it is easy to understand why. I hear all of the dynamic tactic you provide functional steps by means of the blog and as well improve response from some others on this content plus our child is really studying a whole lot. Take pleasure in the rest of the new year. You have been doing a stunning job.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Scroll To Top